logo-raywhite-offcanvas

16 Aug 2024

12 Cara Supaya Tidur Berkualitas dan Cepat, Anti Insomnia

12 Cara Supaya Tidur Berkualitas dan Cepat, Anti Insomnia



Bukan hanya lelah karena aktivitas, tidur juga berfungsi untuk men-charge tubuh manusia untuk kembali fresh keesokan harinya. Idealnya, tidur malam bisa dilakukan kurang lebih selama 8 jam. Durasi ini dapat membantu Anda untuk menyehatkan tubuh hingga menjaga berat badan.


Namun, tidak semua orang dengan mudah untuk tidur sesuai dengan apa yang dianjurkan seperti durasi 8 jam. Tidak jarang orang sulit merasa tidur hingga mengalami insomnia atau gangguan kesulitan tidur. 


Kesulitan agar cepat tidur lelap diakibatkan beberapa faktor seperti stres.Biasanya stres diakibatkan seseorang karena terlalu banyak memikirkan sesuatu. 


Masalah tidur ini sebenarnya bisa diatasi dengan berbagai macam cara, tapi implementasinya juga tidak mudah. Namun, jika Anda serius untuk mengatasinya tentu akan membuat Anda tidur lelap setiap harinya tanpa perlu khawatir insomnia.


Berikut beberapa cara supaya bisa tidur cepat dan lelap pada malam hari tanpa khawatir insomnia dihimpun dari beberapa sumber.


Cara Tidur Cepat dan Berkualitas Saat Malam Hari

  1. Tetapkan Jadwal Tidur

Sering kali kejadian tidak bisa tidur karena jadwal tidur yang tidak teratur. Usahakan tidur 7-8 jam sehari serta tentukan untuk waktu tidur dan bangunnya. Hal ini supaya Anda membuat siklus pada tubuh Anda sehingga lebih konsisten.


  1. Matikan Alat Elektronik

Jika ingin tidur lebih berkualitas, 1-2 jam sebelum tidur lebih baik Anda sudah tidak menggunakan alat elektronik. Ketika Anda terbangun tengah malam pun usahakan jangan membuka alat elektronik karena dapat mengurangi produksi hormon melatonin. Hormon ini berfungsi membantu Anda untuk tidur.


  1. Atur Suasana Kamar

Suasana kamar akan berdampak kepada kualitas tidur Anda. Suasana tenang akan membuat tidur kita lebih berkualitas. Anda pun akan terasa lebih nyaman untuk tidur tanpa adanya gangguan.


  1. Atur Pencahayaan Kamar

Tidak semua orang senang dengan tidur dalam keadaan lampu mati. Namun, keadaan kamar yang gelap atau remang-remang akan memudahkan Anda untuk cepat tidur. Tidur dengan ruangan gelap dapat membantu pertumbuhan hormon saat tidur sehingga akan terasa lebih segar saat bangun.


  1. Perhatikan Suhu Kamar

Terlihat sepele, suhu dalam ruangan ternyata memengaruhi tidur Anda. Diusahakan tidur dalam kondisi suhu kamar sejuk sekitar 18-24 derajat celcius. Jika ruangan kamar panas, akan membuat Anda tidak nyaman saat tidur karena kegerahan.


  1. Rutin Olahraga

Olahraga teratur dapat membantu Anda untuk tidur lebih berkualitas. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk olahraga secara rutin. Akan tetapi, jangan olahraga mendekati waktu tidur Anda. 


  1. Kurangi Konsumsi Kafein

Mengonsumsi kafein sering kali dilakukan bagi Anda yang ingin begadang. Tapi berbeda jika Anda ingin tidur cepat dan berkualitas. Alangkah baiknya Anda mengurangi konsumsi kafein supaya lebih cepat tidur. 


  1. Makan Malam

Makan malam sebenarnya menjadi hal penting untuk dilakukan karena bisa membuat Anda mengantuk setelahnya. Namun, dianjurkan untuk makan malam 2-3 jam sebelum tidur dan jangan saat mendekati tidur. Selain itu, jangan konsumsi makan malam dengan junk food, coba beralih ke sayuran atau buah-buahan.

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga menjadi opsi Anda jika ingin tidur cepat dan lelap. Mandi air hangat dinilai bisa membuat tubuh lebih rileks setelah satu hari beraktivitas.


  1. Gunakan Aromaterapi

Aromaterapi dapat membuat kamar menjadi lebih nyaman dengan aroma yang membuat rileks. Selain itu, aromaterapi juga dapat membantu pernapasan lebih lancar dan mencegah gigitan nyamuk. Ini dapat membuat kualitas tidur Anda lebih berkualitas. 


  1. Batasi Tidur Siang

Salah satu cara cepat untuk tidur malam yaitu hindari tidur siang terlalu lama. Jika Anda membutuhkan tidur siang, lakukanlah maksimal 30 menit.


  1. Baca Buku

Jika Anda tak kunjung tidur, coba keluar kamar lalu baca buku. Cara ini dilakukan supaya mata menjadi lelah dan merasa ingin tidur. Setelah merasa cukup ngantuk segera kembali ke kamar dan langsung tidur.


Dengan menerapkan cara-cara diatas, Anda akan merasa bahwa kualitas tidur akan lebih baik dan bisa tidur lebih cepat. Saat bangun tidur, Anda juga akan merasa lebih segar karena kualitas tidur yang baik.


Jika Anda ingin memiliki hunian yang sudah pasti terjamin aman lingkungannya dan terpercaya, Anda bisa temukan di Ray White Cikarang. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website Ray White Cikarang dihttps://cikarang.raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!



Share
Search
Tag