logo-raywhite-offcanvas

08 Aug 2024

Menjadi Kawasan Industri Terbesar di Asia Tenggara, Ini Dia 3 Fakta Tentang Kawan Cikarang

Menjadi Kawasan Industri Terbesar di Asia Tenggara, Ini Dia 3 Fakta Tentang Kawan Cikarang


Kawasan industri di Indonesia saat ini terus menjelma dan berkembang semakin modern. Tidak hanya itu, banyak kawasan industri di Indonesia juga mengusung konsep integrasi dengan kota mandiri seperti kawasan industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 


Gebrakan ini menjadi langkah masif untuk mengembangkan kota maju di berbagai daerah termasuk di kawasan industri. Cikarang juga hadir sebagai daerah penyangga DKI Jakarta sehingga dapat menjadi alternatif tempat tinggal bagi warga Jakarta.


Langkah ini juga dapat merubah pandangan masyarakat kepada Cikarang dikenal sebagai kawasan industri yang gersang serta memiliki tingkat polusi tinggi. 


Lokasi Cikarang juga terbilang strategis karena berada di antara pusat Jakarta dan Jawa Barat. Ini menjadi daya tarik bagi pelaku ekonomi untuk investasi. Investasi inilah yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bahkan ekonomi Indonesia.


  1. Kawasan Industri

Terletak di Kabupaten Bekasi, Cikarang adalah kawasan industri terbesar di Asia Tenggara bahkan menjadi peluang para investor untuk menanamkan modalnya di Cikarang. 


Kawasan industri Cikarang terdapat pabrik mencapai ribuan unit pabrik yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Hingga tahun 2020, Cikarang memiliki 6.500 an titik investasi serta lebih dari 30% total investasi di Jawa Barat. 


Ini menjadi bukti bahwa daerah Cikarang menjadi salah satu daerah yang diminati oleh investor. Oleh sebab itu, pertumbuhan ekonomi di kawasan ini cukup masif dan berdampak besar ke pertumbuhan ekonomi Indonesia. 


  1. Daerah Penyangga Jakarta

Jakarta menjadi salah satu provinsi terpadat di Indonesia, banyak dari orang yang kerja di Jakarta namun tinggal di daerah penyangga yang lebih nyaman dan tidak terlalu padat seperti Cikarang. 


Terdapat dua daerah penyangga Jakarta yaitu provinsi Banten dan Jawa Barat. Untuk provinsi Jawa Barat, Cikarang adalah daerah yang cukup diminati. Selain menjadi kawasan industri, Cikarang juga terdapat cluster hunian yang cocok untuk ditempati.


Pengembangan Cikarang diawali dengan adanya beberapa investor di beberapa kawasan industri di daerah tersebut, hingga pada akhirnya menjelma menjadi kawasan industri terbesar di Indonesia. 


  1. Integrasi Dengan Kota Mandiri

Berawal dari pengembangan kawasan industri yang terkenal gersang dan banyak polusi. Saat ini Cikarang juga menawarkan konsep kota mandiri yang lebih modern dan hijau. Salah satu kota mandiri yang hadir di Cikarang yakni Kota Deltamas.


Kota Deltamas merupakan kawasan terpadu modern basis industri yang dikembangkan oleh Sinarmas Land dan perusahaan Jepang Sojitz Corporation. Kawasan ini memiliki luas area mencapai 3.200 hektare (ha). 


Kota ini memadukan kawasan industri, hunian, bisnis, hingga pusat pemerintahan Kabupaten bekasi yang setiap kawasan memiliki fungsi masing-masing. Di Kota Deltamas terdapat kurang lebih 90 perusahaan yang beroperasi mulai dari industri pangan, otomotif, hingga kimia.


Dengan berbagai fakta tersebut dapat menjelaskan bahwa Cikarang menjadi salah satu kawasan dengan transformasi yang masif dan progresif. Tidak hanya cocok untuk berinvestasi, Cikarang juga dapat menjadi pilihan hunian untuk jangka panjang Anda.


Jika Anda ingin memiliki hunian yang sudah pasti terjamin aman lingkungannya dan terpercaya, Anda bisa temukan di Ray White Cikarang. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website Ray White Cikarang dihttps://cikarang.raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!







Share
Search
Tag