logo-raywhite-offcanvas

25 Sep 2024

7 Tips Membersihkan Karpet di Rumah Supaya Tetap Nyaman dan Terbebas Dari Debu

7 Tips Membersihkan Karpet di Rumah Supaya Tetap Nyaman dan Terbebas Dari Debu

Karpet merupakan bagian penting dari dekorasi rumah yang berfungsi sebagai penutup lantai. Karpet memberikan sentuhan warna, tekstur, dan kenyamanan di rumah. Namun, karpet yang digelar di lantai sering menjadi tempat menumpuknya debu dan kotoran, sehingga memerlukan pembersihan rutin dan menyeluruh. 


Dengan pemakaian sehari-hari, karpet mudah terkena debu, serta noda akibat tumpahan makanan atau minuman. Agar karpet tetap awet dan terlihat baik, penting untuk memahami cara membersihkannya sesuai dengan jenis bahan. Kabar baiknya, membersihkan karpet dengan efektif tidaklah rumit.


Beberapa cara dapat dilakukan mulai dari menyikatnya hingga menggunakan vacuum cleaner. Cara sederhana seperti menjemur karpet dan mengibaskannya juga cukup efektif untuk membersihkannya. Akan tetapi, Anda juga harus melihat jenis bahan dari karpet yang ingin dibersihkan sehingga cara yang dilakukan bisa disesuaikan.


Bagi yang penasaran apa saja tips membersihkan karpet di rumah, berikut beberapa cara untuk membersihkannya dihimpun dari berbagai sumber.


Cara Membersihkan Karpet di Rumah

  1. Gunakan Alat Pukul Rotan

Cara pertama untuk membersihkan karpet yaitu dengan alat pukul rotan. Alat ini berbentuk seperti raket, bisa digunakan untuk memukul permukaan karpet, bantal bahkan kasur untuk dibersihkan dari kotoran dan debu. Namun, sebelum memukulnya, Anda bisa jemur karpet terlebih dahulu di bawah sinar matahari.


  1. Gunakan Sikat

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan sikat manual untuk membersihkan karpet, apalagi jika Anda memelihara hewan berbulu yang sering berkeliaran di dalam rumah. Pilihlah sikat dengan serat alami dan bulu yang lembut karena jenis ini cukup efektif mengangkat kotoran tanpa merusak atau menarik serat karpet. Anda bisa melakukan ini diluar rumah supaya kotoran tidak mengotori isi rumah.


  1. Gunakan Baking Soda

Jika terdapat noda di karpet sulit dibersihkan, Anda bisa mencoba menggunakan baking soda. Kandungan dalam baking soda efektif mengangkat kotoran dan noda membandel tanpa merusak karpet. Namun, pastikan Anda menggunakan sarung tangan khusus saat membersihkan dengan baking soda untuk melindungi tangan Anda dari iritasi. 


  1. Gunakan Vacuum Cleaner

Bagi Anda yang mempunyai vacuum cleaner, tentu bisa menggunakannya. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan pastikan seluruh bagian karpet, termasuk sudut-sudutnya bisa dijangkau. Cara ini akan memudahkan pembersihan karpet secara menyeluruh dan memastikan hasil menjadi lebih optimal.


  1. Gunakan Kain Lap yang Lembut

Jika Anda menumpahkan cairan secara tidak sengaja, segera bersihkan menggunakan kain lap yang lembut. Hindari menggosoknya secara langsung karena dapat membuat nodanya tersebar. Jadi, Anda bisa fokus ke titik cairan yang tumpah saja. 


  1. Gunakan Cuka

Karpet yang kotor sering kali menyebabkan bau apek bahkan memicu pertumbuhan jamur. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan cuka putih. Campurkan cuka putih dengan air hangat dalam botol semprot, lalu kocok hingga larut. Semprotkan campuran tersebut secara merata ke seluruh permukaan karpet dan biarkan mengering. 


  1. Gunakan Deterjen Khusus

Jika Anda ingin mencuci karpet berbahan polyester atau nilon, Anda bisa deterjen pembersih khusus yang memiliki tekstur lembut. Tekstur ini tidak membuat serat pada karpet rusak. Campurkan deterjen di ember dengan air hangat, lalu sikat secara perlahan dan lembut. Lalu, bilas karpet dengan air dan biarkan mengering.


Karper di rumah yang kotor akan sangat mengganggu kenyamanan saat digunakan karena bisa banyak debu dan kotoran yang menempel. Apalagi jika memiliki buat hati yang sering bermain di atas karpet, hal ini bisa memicu penyakit. Oleh karena itu, Anda harus bersihkan karpet secara rutin untuk tetap menjaga kenyamanan keluarga Anda di rumah.


Jika Anda ingin memiliki hunian yang terjamin aman, nyaman dan juga terpercaya, Anda bisa temukan di Ray White Cikarang. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website Ray White Cikarang dihttps://cikarang.raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!




Share
Search
Tag