logo-raywhite-offcanvas

23 Sep 2024

6 Tips Membersihkan Kompor Gas dan Komponennya, Buat Masak Lebih Nyaman dan Aman

6 Tips Membersihkan Kompor Gas dan Komponennya, Buat Masak Lebih Nyaman dan Aman


Dapur menjadi salah satu ruangan yang cepat kotor karena sering digunakan untuk memasak berbagai hidangan. Memasak memang menjadi salah satu aktivitas favorit bagi ibu rumah tangga. Sebab itu, salah satu cara menjamin kebersihannya dengan membersihkan kompor gas yang digunakan. 


Membersihkan kompor gas sesegera mungkin menjadi kunci utama untuk menjaga kebersihan kompor. Jika kotoran dibiarkan terlalu lama akan semakin sulit dibersihkan bahkan bisa menimbulkan kerak pada kompor. 


Anda mungkin tidak menyadari bahwa kompor gas adalah salah satu peralatan dapur yang paling mudah kotor. Hal ini karena kompor gas sering digunakan, sehingga cukup rentan terkena tumpahan air, percikan minyak, atau kotoran lainnya.


Akibatnya, kompor gas bisa lebih mudah menjadi tempat berkembangnya jamur, karat, dan bakteri. Kondisi dapat mempengaruhi keawetan kompor, bahkan dapat meningkatkan risiko penyakit bagi Anda dan keluarga akibat peralatan masak yang tidak bersih.


Oleh karena itu, Anda harus membersihkan kompor gas dengan baik dan benar. Bagi yang bingung caranya, berikut adalah tips membersihkan kompor gas, buat aktivitas masak Anda lebih nyaman.


Tips Membersihkan Kompor Gas di Rumah 

  1. Lepaskan Ring Kompor Gas

Tips pertama yang harus Anda lakukan yaitu melepaskan ring kompor gas. Dengan melepaskan ring kompor gas akan memudahkan Anda untuk membersihkan kompornya. Anda juga sekaligus dapat membersihkan ring kompor gas tersebut. Letakkan ring di dalam air panas serta tambahkan sabun cuci piring, lalu biarkan hingga kotoran yang menempel terangkat.


  1. Gunakan Pembersih Khusus 

Untuk membersihkan bagian tungku kompor, Anda bisa menggunakan pembersih khusus saat membersihkannya. Anda bisa mengoleskan pembersih khusus tersebut ke tungku, lalu diamkan beberapa menit. Setelah itu, Anda bisa mengelap tungku dengan  kain lap dan pastikan dilap secara merata. Menggunakan air dan sabun untuk membersihkan tungku kompor tidak disarankan karena dapat membuat kondisi lembab sehingga api bisa sulit dinyalakan. 


  1. Dapat Menggunakan Baking Soda

Bahan lain yang dapat digunakan untuk membersihkan kompor yaitu dengan bakng soda, yang dikenal efektif membersihkan noda. Cara penggunaannya pun sederhana, campurkan dua sendok baking soda dengan air hangat, lalu tuangkan ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan ini pada permukaan kompor, biarkan beberapa saat dan kemudian lap bersih dengan kain  secara merata dan pastikan tidak ada sisa cairan yang tertinggal.


  1. Segera Bersihkan Jika Terdapat Noda

Jadwal membersihkan kompor gas di rumah berbeda-beda, tergantung bagaimana penggunaannya. Namun, jika sudah terdapat noda pada kompor, alangkah baiknya segera membersihkannya. Anda bisa gunakan kain lap atau spons untuk membersihkan noda pada kompor, jadi tidak menunggu menjadi kerak sehingga bisa lebih sulit dibersihkan. 


  1. Bersihkan Area Sekitar Kompor

Setelah membersihkan bagian kompor gas dan komponennya, Anda juga bersihkan bagian kompor yang tidak bisa dilepas. Setelah itu, pastikan untuk membersihkan hingga ke sela-sela kompor dan area sekitar kompor. Area sekitar kompor juga harus dibersihkan karena bisa saja terkena cipratan minyak atau lainnya saat sedang memasak. Dengan membersihkan detail area kompor akan membuat aktivitas memasak Anda juga lebih nyaman. 


  1. Bersihkan Tabung Gas

Tabung gas juga tidak boleh terlewat untuk dibersihkan. Sebelum membersihkannya, jangan lupa untuk melepaskan regulatornya dan memastikannya aman. Tabung gas harus dibersihkan dengan hati-hati. Mulailah dengan menyiramnya menggunakan air dan menggosok seluruh permukaannya dengan sabun untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Setelah selesai dicuci, bilas tabung dengan air bersih hingga tidak ada sisa sabun yang tersisa. Terakhir, pastikan tabung dilap dengan teliti menggunakan kain hingga benar-benar kering untuk mencegah korosi.


Sekarang Anda sudah memahami tips untuk membersihkan kompor gas di rumah, jadi tidak perlu bingung lagi jika kompor gas kotor. Anda bisa membersihkannya sesuai dengan tips di atas sehingga membuat aktivitas masak Anda lebih nyaman. 


Jika Anda ingin memiliki hunian yang terjamin aman, nyaman dan juga terpercaya, Anda bisa temukan di Ray White Cikarang. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website Ray White Cikarang dihttps://cikarang.raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!





Share
Search
Tag