logo-raywhite-offcanvas

02 Feb 2024

Jangan Asal! Buat Polisi Tidur di Perumahan Ada Aturannya!

Jangan Asal! Buat Polisi Tidur di Perumahan Ada Aturannya!


Kalian pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya polisi tidur. Untuk kita sebagai pengguna kendaraan di Indonesia polisi tidur sudah dengan mudah kita temui di hampir seluruh jalanan di Indonesia. Tidak hanya di jalanan besar saja, polisi tidur juga banyak ditemukan pada gang kecil dan perumahan. Polisi tidur sendiri memiliki ukuran dan jarak yang beragam. Mungkin bagi beberapa orang polisi tidur sangat mengganggu mobilitas berkendara di lingkungan rumah. Namun, dibalik “mengganggu” nya polisi tidur memiliki fungsi untuk memperlambat laju kendaraan agar kendaraan serta masyarakat di jalan dan perumahan menjadi aman.

 

Jika kalian memiliki kekesalan tersendiri terhadap polisi tidur, mungkin kalian menemukan ukuran serta jarak dari polisi tidur yang tidak optimal. Aturan pemasangan polisi tidur sendiri sudah tertulis dalam Pasal 45 ayat (2) PP 79/2013 jo. Pasal 2 dan Pasal 3 ayat (1) Permenhub 82/2018. Peraturan tersebut menyebutkan bahwa terdapat 3 alat pembatas kecepatan terdiri dari: speed bump, speed hump dan speed table. Untuk mengetahui peraturan dari masing-masing polisi tidur, ayo simak artikel ini terlebih dahulu.

 

  1. Speed Bump

Jenis polisi tidur yang pertama adalah speed bump. Jenis polisi tidur ini sering digunakan pada lingkungan perumahan privat dan area yang terbatas yang mengharuskan para pengendara berada pada kecepatan dibawah 10 kilometer per jam seperti pada perumahan. Kriteria yang cocok untuk membuat jenis polisi tidur ini harus memiliki lebar atas 15 cm serta ketinggian maksimal 12 cm dengan sudut kelandaian sebanyak 15 persen. Speed bump didominasi oleh dua warna yaitu kuning dan hitam atau hitam dan putih yang di cat menyerong ke kanan sebesar 30 sampai 4 derajat. Selain manfaatnya untuk meningkatkan keselamatan dan mengurangi kebisingan serta kecepatan kendaraan, penggunaan speed bump dapat secara keseluruhan kualitas hidup bagi penduduk di lingkungan perumahan. Hal ini dapat menciptakan perumahan yang lebih aman, nyaman, dan ramah bagi semua penghuninya.

 

  1. Speed Hump

Kalian pasti pernah menjumpai polisi tidur yang berada pada jalan yang lumayan besar sebelum adanya zebra cross bukan? Polisi tidur ini bernama speed hump yang dibuat dengan memiliki bentuk tonjolan serta permukaannya yang lebih luas bila dibandingkan dengan speed bump. Speed hump dibuat untuk mengatur kecepatan kendaraan maksimal 20 kilometer per jam. Kriteria pembuatan speed hump yaitu memiliki lebar maksimal 39 cm dengan ketinggian 5 sampai 9 cm serta sudut kelandaian sebanyak 50 persen. Speed hump memiliki kombinasi warna yang sama dengan speed bump.

 

  1. Speed Table

Selanjutnya ada speed table yang digunakan untuk jalanan yang lebih lebar. Fungsi dari speed table ini adalah untuk membuat pengemudi mengurangi laju kecepatan kendaraan dengan kecepatan maksimal 40 kilometer per jam. Pada umumnya, speed table sering ditemukan di jalan menuju gerbang tol. Kriterianya adalah dengan memiliki lebar mencapai 66o cm dengan memiliki kelandaian sebesar 15 persen serta memiliki tinggi maksimal 80-90 milimeter. Sama dengan yang lain, kombinasi warna yang digunakan sama yaitu kuning, putih, hitam.

 

            Kalian sudah mengetahui peraturan yang harus ditaati ketika membuat polisi tidur, namun kalian harus meminta izin terlebih dahulu ke Dinas Perhubungan agar dapat membuat polisi tidur ini. Sesuaikan juga jalan dan jenis polisi tidurnya agar tidak bisa sembarangan membangun polisi tidur.

 

Polisi tidur sering dipasang di dalam atau di sekitar perumahan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan lingkungan. Dengan memperlambat laju kendaraan yang melewati area perumahan, polisi tidur membantu mengurangi risiko kecelakaan dan cedera, terutama bagi pejalan kaki dan anak-anak yang bermain di sekitar perumahan.

 

Hal ini membuktikan bahwa lingkungan eksternal rumah juga akan mempengaruhi kesejahteraan keluarga dan penghuni perumahan lainnya. Sudah saatnya kalian memperhatikan hal seperti ini karena lingkungan eksternal yang baik memberikan akses yang mudah dan cukup terhadap akses transportasi. Maka dari itu, Ray White Cikarang memiliki hunian yang pas untuk kalian. Ray White Cikarang hadir untuk melengkapi kebutuhan hunian kalian. Apapun keputusan Anda, percayakan urusan jual, beli, atau sewa rumah/properti Anda bersama Ray White Cikarang. Info lebih lengkap dapat mengunjungi website di https://cikarang.raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!

 

Share
Search
Tag