logo-raywhite-offcanvas

16 Apr 2024

Tips Memiliki Rumah Minimalis dengan Memanfaatkan Ruang dan Gaya Sederhana

Tips Memiliki Rumah Minimalis dengan Memanfaatkan Ruang dan Gaya Sederhana

Berawal dari gaya hidup, kini konsep minimalis sudah tidak terasa asing lagi terutama dalam mendesain rumah. Rumah minimalis dengan gaya yang simple dan praktis banyak diminati masyarakat terutama generasi millenial yang ingin memiliki rumah nyaman yang tidak memerlukan ruang yang cukup besar dan praktis untuk dihuni. Tidak hanya fasad rumah yang memiliki style atau gaya minimalis, namun desain ruangan, isi perabotan, pengaturan cahaya, warna, dan sebagainya juga menyesuaikan dengan gaya minimalis tersebut. Seorang pemilik rumah minimalis pun harus memiliki prinsip minimalis karena ruang-ruang dalam rumah yang terbatas, akan menjadikan pemiliknya bijak dalam memilih barang untuk ditata di dalam ruang sesuai dengan fungsinya masing-masing. 


  1. Kesederhanaan Tata Ruang 

Bentuk ruangan yang sederhana dengan konsep denah lantai terbuka  dan minim sekat yang akan memberi kesan luas di area yang terbatas, intensitas penggunaan jendela yang cukup besar supaya memaksimalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah serta sirkulasi udara yang baik, dan penggunaan material dan ornamen yang sederhana pada fasad rumah.


  1. Pemilihan Warna yang Senada

Warna yang pada umumnya digunakan dalam rumah gaya minimalis ialah putih. Namun ada beberapa pilihan warna muda dan cerah lainnya seperti abu-abu muda, dan coklat muda supaya ruangan dalam rumah terkesan lebih bersih, lembut dan natural namun tetap terlihat modern dan elegan. 


  1. Furnitur Sesuai Fungsi 

Pemilihan furnitur dalam rumah minimalis juga harus menyesuaikan dengan konsep minimalis tersebut. Dari pemilihan gaya furnitur yang tidak terlalu besar, warna-warna netral, dan furnitur yang hanya memiliki fungsi sesuai dengan keinginan pemilik rumah. 


  1. Meminimalisir Pemilihan Ornamen Penghias Rumah

Interior dari rumah minimalis yang sudah sangat disesuaikan akan menjadikan ruangan tampak lebih luas dan akan mengakibatkan pemilik rumah untuk menambahkan ornamen penghias ruangan. Agar tetap sesuai dengan konsep minimalis, ornamen-ornamen yang ditambahkan dalam ruangan tidak perlu berlebihan dan sekiranya masih harus sesuai dengan fungsinya. Misalnya, tanaman-tanaman dalam ruangan untuk mempercantik ruangan, lampu meja untuk menghangatkan suasana di malam hari, bantal kecil untuk di sofa ruang keluarga agar ruangan terkesan nyaman, dan sebagainya. 


Dengan berbagai cara untuk memiliki rumah minimalis tersebut harus diikuti dengan prinsip yang sejalan dan harus dilakukan. Misalnya, jika Anda memiliki rumah minimalis, otomatis Anda akan mengurangi gaya konsumtif dalam pengelolaan rumah karena Anda tidak akan terus-terusan untuk menambah perabotan rumah, kemudian juga bisa meminimalisir perawatan rumah dan sebagainya. Namun, untuk memiliki rumah minimalis juga harus tetap dengan kemampuan pemilik rumah, bukannya ingin memiliki rumah minimalis karena mengikuti tren, karena sejatinya rumah minimalis adalah rumah yang menciptakan ketenangan dan kenyamanan di ruang-ruang yang sederhana.


Temukan hunian pilihan yang nyaman di Ray White Cikarang yang akan disesuaikan dengan pilihan dan kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi website Ray White Cikarang di https://cikarang.raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!




Share