logo-raywhite-offcanvas

24 Oct 2023

Sayangi Keluarga Anda, Cegahlah Korsleting Listrik di Rumah!

Sayangi Keluarga Anda, Cegahlah Korsleting Listrik di Rumah!

          Listrik merupakan aliran elektron dari satu atom ke atom lainnya dan menjadi salah satu jenis energi yang sangat dibutuhkan oleh manusia saat ini. Selain dibutuhkan, listrik juga sangat memengaruhi kehidupan manusia seperti sumber penerangan, penghasil gerak, penghasil suara, dan penghasil panas. Namun, listrik juga memiliki resiko tinggi jika tidak diperhatikan dan digunakan dengan benar. Hal yang seringkali terjadi adalah korsleting listrik atau aliran listrik terputus karena ada tabrakan arus listrik positif dan negatif. Sehingga penting untuk kita menjaga rumah dari korsleting listrik. Cara untuk mencegah korsleting listrik di rumah sebagai berikut.

1. Hindari Stop Kontak yang Bertumpuk

    

Dalam satu stop kontak umumnya memiliki beberapa lubang colokan, sehingga dapat mencolok listrik sekaligus. Namun, ada bahaya yang dapat terjadi jika stop kontak menumpuk secara berlebihan karena beban dayanya sangat besar maka stop kontak dapat melumer dan panas sehingga dapat terjadi kebakaran karena aliran listrik mengalir secara tinggi.

2. Cabut Colokan Listrik Ketika Sudah Tidak Dipakai

    

Alat elektronik yang sudah tidak digunakan lebih baik di cabut karena aliran listrik tetap mengalir sehingga lebih aman, hemat, dan tidak terjadi korsleting listrik.

3. Jaga Aliran Listrik Supaya Tetap Kering

    

Air merupakan konduktor atau penghantar listrik yang kuat dan dapat menyebabkan sengatan listrik berbahaya. Jagalah agar aliran listrik tidak terkena air, dan sebelum menyentuh atau menggunakan stop kontak, pastikan tangan harus kering.

4. Cek dan Perbaiki Saluran Listrik Secara Berkala

    

Periksa instalansi listrik seperti koneksi antar kabel, saklar, koneksi penghantarnya minimal satu tahun sekali agar memastikan apakah instalansi masih berfungsi dengan normal dan tidak ada kerusakan sehingga terlindungi dari korsleting listrik.

Dengan memperhatikan aliran listrik beserta peralatannya, kita mencegah adanya musibah kebakaran bahkan menjaga keluarga dari bahaya. Maka dari itu marilah kita mencegah korsleting listrik supaya tidak terjadi.


Share
Search
Tag