logo-raywhite-offcanvas

05 Mar 2024

Kolam Renang Rumah Kotor? Yuk Rawat Dengan Tips Berikut!

Kolam Renang Rumah Kotor? Yuk Rawat Dengan Tips Berikut!

Berenang merupakan salah satu aktivitas sekaligus olahraga yang menyehatkan dan menyegarkan. Namun, untuk melakukan aktivitas ini, sering kali kita harus mengunjungi tempat rekreasi seperti waterboom, water park, dan sejenisnyaagar terwujud. Tentu itu akan membuang banyak tenaga dan biaya. Memiliki kolam renang pribadi bisa menjadi tempat untuk bersantai atau menyegarkan tubuh. Namun, kolam renang yang sehat harus dijaga kebersihannya.


Untuk menjaga serta merawat kolam renang agar air didalam kolam renang tetap jernih dan bersih tidaklah sulit. Kalian hanya perlu mengetahui tips agar kolam renang kalian menjadi bersih dan menjadi nikmat kembali untuk digunakan. Simak tipsnya!


Membersihkan Kerak di Sekeliling Kolam


Kalian pasti pernah melihat air kolam renang yang sedikit tidak jernih. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah noda yang menempel pada dinding dan lantai dasar pada kolam renang. Kalian harus rajin untuk membersihkan kerak ini agar kebersihan kolam renang selalu terjaga. Kalian juga bisa menggunakan sikat kolam untuk membersihkan kotoran dan kerak yang menempel pada bagian dasar serta dinding kolam. Cara yang lain adalah dengan menggunakan karbol pembersih lantai agar lebih mudah untuk menghilangkan kerak yang ada.


Cairan Kimia Pada Kolam


Cairan kimia ternyata dibutuhkan kolam renang lho. Mungkin cairan kimia sederhana yang kalian tahu adalah kaporit. Melakukan kebersihan rutin juga masih kurang untuk membersihkan kolam renang. Cairan kimia pada kolam dibutuhkan untuk tetap menjaga kebersihan serta kejernihan dari air kolam renang itu sendiri. Kaporit merupakan bahan kimia yang digunakan untuk menjaga kolam renang saat kondisi kolam renang sudah bersih dan jernih. Kaporit diberikan setidaknya dua minggu sekali untuk mempertahankan kejernihan air. Masih banyak jenis cairan kimia yang lain seperti PAC, soda ash, dan lain lain.


Rutin Mengecek PH Air

Kalian juga harus senantiasa mengecek kadar PH dan klorin yang ada pada kolam renang agar air di kolam renang tetap terjaga kejernihannya. Kadar PH yang bagus yaitu di angka 7.4. Kalian juga bisa melakukan pengecekan kadar PH serta klorin dengan menggunakan test kit agar kalian dapat melihat kadar PH air yang ada pada kolam renang kalian. Jika kadar PH air kurang dari 7 atau bahkan melebihi angka 8, kalian bisa menambahkan klorin ke dalam air. Penambahan klorin membantu untuk menjaga kestabilan PH air.


Bersihkan Filter Kolam Renang


Fungsi dari filter ini adalah untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam kolam renang. Dengan rutin membersihkan filter kolam renang, maka kualitas air akan tetap terjaga dengan baik. Idealnya, membersihkan filter kolam renang dapat dilakukan sebanyak seminggu satu kali agar kotoran tidak menumpuk terlalu banyak. 


Sekarang kalian sudah memahami bagaimana cara yang benar untuk menjaga kebersihan kolam renang kalian. Ingin punya rumah dengan kolam renang pribadi? Ray White Cikarang hadir untuk melengkapi kebutuhan hunian kalian. Apapun keputusan Anda, percayakan urusan jual, beli, atau sewa rumah/properti Anda bersama Ray White Cikarang. Info lebih lengkap dapat mengunjungi website di https://cikarang.raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!




Share