logo-raywhite-offcanvas

08 Mar 2024

Cara Merawat Rumput Halaman Rumah Tetap Segar, Jangan Dibiarin Aja

Cara Merawat Rumput Halaman Rumah Tetap Segar, Jangan Dibiarin Aja

Halaman pada rumah merupakan komponen yang penting pada bagian rumah. Dengan adanya halaman pada bagian depan, rumah akan terlihat lebih indah untuk dipandang. Halaman depan pada rumah pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya rumput. Rumput sering digunakan pada halaman rumah untuk memberikan kesan yang sejuk dan asri. Dengan adanya rumput pada halaman depan akan membuat rumah semakin terlihat cantik dan sedap untuk dipandang. Warnanya yang hijau dapat memberikan nuansa tersendiri pada rumah.


Rumput yang ada pada halaman rumah tentu akan menjadi sebuah investasi yang baik untuk rumah kalian. Maka dari itu, rumput yang ada pada halaman rumah jangan hanya dibiarkan rusak begitu saja. Merawat dan menjaga rumput pada halaman rumah agar tetap segar dan hijau merupakan kunci utama dari keindahan dari halaman rumah. Jika kalian masih bingung bagaimana cara merawat rumput yang benar, kita akan membahasnya pada artikel kali ini.


1. Bersihkan Gumpalan Tanah

Pernah melihat gumpalan tanah yang ada pada halaman kalian? Nah, gumpalan tanah tersebut ternyata harus dibersihkan lho. Proses pembersihan gumpalan tanah pada halaman kalian akan dapat membantu untuk mengurangi pemadatan tanah. Selain itu juga, dengan membersihkan gumpalan tanah, maka akar pada rumput akan mendapatkan ruang yang lebih untuk tumbuh. Jika ruang yang ada semakin besar, maka air serta pupuk dapat masuk secara maksimal dan akan membuat tanaman menjadi hijau.


2. Potong Rumput Dengan Teratur

Cara yang kedua adalah dengan memotong rumput dengan teratur. Jika ingin memotong rumput, kalian perlu pastikan dan sesuaikan dengan jenis rumput yang kalian tanam di halaman rumah kalian. Pada umumnya, rumput dipotong sekitar 5-8 sentimeter untuk kebanyakan jenis rumput. Perlu diingat bahwa memotong rumput tidak boleh terlalu pendek. Hal ini dikarenakan jika rumput dipotong terlalu pendek, nantinya akan merusak akar serta rumput akan lebih rentan terkena penyakit dan akhirnya rumput menjadi tidak hijau dan segar.


3. Jangan Sering Menginjak Rumput

 Apakah kalian sering melihat papan tanda bertuliskan larangan untuk menginjak rumput? memang sebagian dari kita pernah berpikir, memang apa pengaruhnya terhadap rumput? Ternyata larangan tersebut dapat berpengaruh terhadap tumbuhnya rumput. Jika tanah sedang dalam keadaan kering serta pecah-pecah, menginjakkan kaki pada rumput sangat dihindari. Jika tanah masih dalam keadaan basah, tidak apa-apa untuk menginjak rumput, namun tidak boleh terlalu sering untuk dilakukan. 


4. Siram Rutin Rumput

Pastikan rumput kalian mendapatkan cukup air dengan melakukan penyiraman secara teratur tetapi tidak berlebihan, karena hal ini penting untuk menjaga kelembaban tanah dan mendukung pertumbuhan akar yang sehat. Jika kalian ingin menyiram rumput, disarankan untuk menghindari menyiram pada siang hari yang panas karena air akan cepat menguap. Disarankan untuk menyiram rumput pada sore hari agar rumput dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan.


5. Beri Pupuk

Seperti layaknya manusia, rumput juga perlu makan. Pastikan untuk memberi makan rumput kalian secara teratur dengan menggunakan pupuk yang sesuai dengan jenis rumput yang kalian miliki. Pupuk penting karena dapat memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan rumput kalian. Disarankan untuk memilih pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium dalam proporsi yang seimbang, karena kombinasi nutrisi ini akan membantu memastikan bahwa rumput kalian mendapatkan pertumbuhan yang optimal dan kekuatan yang baik sehingga memiliki warna hijau yang baik dan segar.


Nah tadi itu merupakan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk merawat serta menjaga rumput di halaman rumah kalian. Rawat dan jaga rumput yang ada di halaman rumah kalian, agar dapat menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi rumah dan diharapkan nantinya akan membuat nilai jual pada rumah semakin tinggi. Maka dari itu, menjaga serta merawat rumput menjadi sebuah hal yang penting untuk dilakukan.


Ingin memiliki rumah dengan halaman yang indah? Ray White Cikarang hadir untuk melengkapi kebutuhan hunian kalian. Apapun keputusan Anda, percayakan urusan jual, beli, atau sewa rumah/properti Anda bersama Ray White Cikarang. Info lebih lengkap dapat mengunjungi website di https://cikarang.raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!


Share