logo-raywhite-offcanvas

22 Mar 2024

Cara Untuk Melindungi Rumah Dari Terpaan Angin Kencang

Cara Untuk Melindungi Rumah Dari Terpaan Angin Kencang

Bencana merupakan salah satu hal yang paling kita tidak inginkan di dunia ini. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa bencana dapat datang dari mana saja. Bencana dapat datang dari alam atau bahkan ulah manusia itu sendiri. Salah satu bencana yang mungkin sering terjadi adalah adanya terpaan angin kencang. Angin kencang dapat terjadi pada siapa saja dan dapat datang kapan saja. 


Adanya angin yang berhembus kencang dapat menyebabkan beberapa kerusakan struktural yang cukup signifikan kepada rumah atau bangunan lainnya. Berbeda dengan hembusan angin yang tidak terlalu besar, maka kerusakan yang ditimbulkan juga tidak terlalu besar. Namun, tetap saja kerusakan merupakan salah satu kerugian yang dapat dirasakan. Untuk melindungi rumah kalian dari terpaan angin kencang, kalian harus mengikuti beberapa cara di bawah ini.


1. Pasang Penutup Jendela

Cara yang pertama harus kalian lakukan adalah melindungi rumah kalian dari kerusakan akibat adanya angin kencang dengan memasang penutup jendela. Hal ini bertujuan agar benda-benda tajam atau puing-puing kasar yang dibawa oleh angin tidak masuk ke dalam rumah melalui jendela rumah kalian. Penutup jendela ini sudah banyak dijual di pasaran dengan menggunakan permukaan yang berbeda beda. Kalian hanya tinggal menyesuaikan saja bahan apa yang cocok dan ingin seperti apa bentuk dari penutup jendela yang kalian inginkan.

 

2. Amankan Pintu

Cara yang kedua adalah dengan mengamankan pintu rumah kalian. Seperti yang kalian ketahui bahwa pintu merupakan akses utama dari rumah. Banyak orang melalui pintu untuk berlalu lalang dari keluar rumah hingga masuk rumah. Karena ukurannya yang besar, jika ada angin yang berhembus kencang akan masuk ke dalam rumah dengan kapasitas yang besar. Jika angin tersebut dibiarkan masuk maka akan merusak sebagian interior pada rumah kalian. Tutup pintu rumah kalian dan jangan lupa untuk menguncinya.


3. Amankan Atap 

Jika terjadi badai yang cukup besar pasti kita akan mengkhawatirkan atap rumah kita sendiri. Jika atap yang digunakan pada rumah kalian sudah kurang layak, maka segeralah mengganti atap yang lama dengan atap yang baru. Atap pelana merupakan jenis atap yang rentan jika terjadi badai yang cukup besar karena bentuknya yang menyerupai huruf A. Untuk memastikan atap kalian tetap aman dari kerusakan akibat angin, kalian dapat memasang lebih banyak lapisan penyangga rangka di atas atap pelana.


4. Pangkas Cabang Pohon

Seperti yang sudah diketahui bahwa pohon yang besar pada rumah dapat memiliki nilai yang positif dan negatif. Sisi positifnya adalah rumah menjadi lebih teduh dan sejuk. Namun, kekurangan dari memiliki pohon yang besar adalah rentan untuk terkena badai yang besar. Jika cabang ranting pada pohon tidak dipangkas secara teratur maka cabang ranting pohon akan patah dan memungkinkan untuk menimpa rumah kita sendiri. Maka dari itu, kalian harus tetap memastikan cabang pohon kalian tetap terjaga.


Nah, dari artikel diatas kalian sudah memahami bagaimana cara melindungi rumah dari terpaan angin yang kencang. Bencana memang tidak bisa diprediksi, maka dari itu lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itu rumah harus tetap dijaga agar selalu menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk dihuni. 


Ray White Cikarang hadir untuk melengkapi kebutuhan hunian kalian. Apapun keputusan Anda, percayakan urusan jual, beli, atau sewa rumah/properti Anda bersama Ray White Cikarang. Info lebih lengkap dapat mengunjungi website di https://cikarang.raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!






Share